• Kamis, 28 Oktober 2021

Kamu Biasa Mengelap Air Wudhu Usai Berwudhu, Apa Hukumnya? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

- Senin, 11 Oktober 2021 | 16:27 WIB
Kamu Biasa Mengelap Air Wudhu Usai Berwudhu, Apa Hukumnya? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat. (Foto: Instagram.com / @adihidayatofficial)
Kamu Biasa Mengelap Air Wudhu Usai Berwudhu, Apa Hukumnya? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat. (Foto: Instagram.com / @adihidayatofficial)

KABARKU.NET – Entah sadar atau tidak, banyak diantara kita yang biasa mengelap air wudhu usai wudhu. Sebetulnya boleh tidak? Apa hukumnya? Begini penjelasan Ustadz Adi Hidayat.

Seperti diketahui, Wudhu merupakan cara menghilangkan hadats kecil. Hal ini dilakukan ketika akan melaksanakan ibadah seperti sholat. Namun ada diantara kita yang mengelap air wudhu, baik dengan adanya alasan atau tidak  ada alasan.

Hukum berwudhu sebelum melakukan ibadah sholat adalah wajib. Dan dalam artikel ini,  Ustadz Adi Hidayat akan menjelaskan mengenai hukum mengelap air wudhu saat selesai berwudhu.

Baca Juga: Jadwal dan Syarat Pendaftaran PPPK Guru Tahap 2 Tahun 2021, Segera Klik Link Informasinya Disini 

Dikutip Kabarku.net dari Portal Jember yang berjudul 'Apa Hukum Mengelap Air Wudhu saat Selesai Berwudhu? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

“Tidak ditemukan sampai saat ini, saya pribadi dan beberapa kata ulama demikian yang senada keterangan langsung yang mengatakan apakah boleh dilap atau tidak dilap. Kecuali memang ada dalil-dalil yang tersambung baik kepada sahabat atau Nabi Muhammad,” ungkap UAH.

Ternyata tidak ada hadist yang menjelaskan mengenai hukum mengelap wudhu ini.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, di zaman dahulu Anas Bin Malik meminta mindil (semacam sapu tangan) untuk mengelap wudhu.

Ada juga yang dalam kondisi tertentu setelah mandi, lalu Nabi diberi mindil, dan Nabi pada saat itu menolak dan memilih untuk menggunakan tangannya, merapikan bagian air dengan tangannya.

Halaman:

Editor: Saefudin K

Sumber: Portal Jember

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 20 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad Terbaru

Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:44 WIB
X