Sambut Satu Abad NU, Warga Nahdliyin Tawangmas Semarang Barat Gelar Pengajian dan Berbagai Kegiatan

- Selasa, 31 Januari 2023 | 16:46 WIB
Sambut Satu Abad NU, Warga Nahdliyin Tawangmas Semarang Barat Gelar Pengajian dan Berbagai Kegiatan (Kabarku.net/Nor Rochman)
Sambut Satu Abad NU, Warga Nahdliyin Tawangmas Semarang Barat Gelar Pengajian dan Berbagai Kegiatan (Kabarku.net/Nor Rochman)

Semarang, KABARKU.NET - Menyambut Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) warga Nahdliyin Ranting Tawangmas Semarang Barat menggelar pengajian umum dengan pembicara Habib Mustofa Al Muhdor.

Ketua Tanfidziyah NU Ranting Tawangmas, Muhammad Zakky Mubarok menyatakan pengajian umum merupakan puncak serangkain acara dari dari pembacaan Ratib Al-Haddad, pembacaan maulid nabi, pembacaan arwah jamak sekaligus khataman Alquran, dan kirab

pengajian umum bertema ‘Menjaga Jagad Membangun Peradaban’ sekaligus merefleksikan betapa tantangan NU ke depan semakin berat,” katanya, Senin 30 Januari 2023.

Baca Juga: Resmi Jadi Wali Kota Semarang, Mbak Ita Siap Gaspol Bawa Kota Lunpia Lebih Baik

Tantangan NU ke depan semakin seiring dengan perkembangan teknologi  internet saat ini. Teknologi bisa sangat berbahaya, menghancurkan bahkan membunuh apabila salah penggunaannya.

“Namun, di sisi lain sekaligus bisa bermanfaat apabila mampu menggunakannya secara baik dan benar,” kata Zakky yang juga ketua panitia kegiatan.

Untuk itu lanjut Zakky, kader NU perlu merapatkan barisan untuk memaksimalkan gerakan dari level akar rumput, baik fatayat, muslimat, Gerakan Pemuda Anshor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) maupun Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), dan lain-lain, mestinya menjadi benteng persatuan.

Namun sejauh ini, Zakky menilai pemberdayaan kader NU masih jauh dari maksimal sehingga perlu menjadi perenungan bersama agar ke depan lahir generasi-generasi penyeimbang zaman.

NU tidak hanya urusan pengetahuan agama, tetapi juga menguasai teknologi digital,” tandasnya.

Baca Juga: Warga Brebes dan Kota Semarang Juarai Lomba Logo dan Maskot Porprov 2023

Sementara, Habib Mustofa Al Muhdor dalam tausiahnya berharap agar semua dikuatkan dari hal-hal yang berusaha memecah belah NU.

Dia mengakui tantangan ke depan sangat kompleks dan datang dari berbagai sisi, seperti munculnya fenomena kelompok Islam garis keras yang kian menguasi lini massa internet.

“Meminta agar kader NU tidak mudah terpancing isu secara liar. Sebab, NU memiliki karekteristik cinta perdamaian. Tidak perlu memusuhi dengan cara frontal, gunakan cara-cara Ahlussunnah wal Jamaah,”  ungkapnya.

Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Sukoharjo, Agus Mustaqim yang hadiri dalam kesempatan tersebut menceritakan berbagai tantangan yang dihadapi dalam beberapa waktu terakhir di wilayahnya. 

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hotel Ciputra Semarang Ajak Bukber 50 Anak Yatim

Rabu, 29 Maret 2023 | 08:25 WIB
X