• Senin, 5 Desember 2022

KPK Beri Bimtek Pencegahan Korupsi Dana Desa Kepada 7.097 Kades di Jateng

- Senin, 26 September 2022 | 23:03 WIB
Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron pada Bimtek pencegahan korupsi dana desa kepada 7.097 Kades di Jateng (Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng)
Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron pada Bimtek pencegahan korupsi dana desa kepada 7.097 Kades di Jateng (Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, KABARKU.NET - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan bimbingan teknis pencegahan korupsi dana desa kepada 7.809 kepala desa di Jawa Tengah.

Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) desa anti korupsi digelar secara hybrid yakni langsung terbatas dan online di Aula Kantor Inspektorat Provinsi Jateng di Semarang, Senin 26 September 2022.

Menurut Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron kegiatan Bimtek Desa Antikorupsi merupakan tindak lanjut dari permintaan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat di Gowa Juni 2022 pada ajang penghargaan 10 desa antikorupsi.

Baca Juga: Up Date Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo, Kapolda Jateng : Telah Periksa 7 Saksi dan Situasi Telah Normal

"Pak Gubernur minta agar di setiap desa ada pilot Desa Antikorupsi tahun lalu ada satu yakni Desa Banyubiru-Kabupaten Semaran). Sekarang ada sekitar 26 masing-masing sudah ada desa percontohan antikorupsi,” ujarnya.

Pengertian desa anti korupsi imbuh Nurul mengacu pada dua hal yakni pertama komitmen pemerintah desa melayani rakyat dan tata kelola pemerintahan yang partisipatif, akuntabel dan transparan.

Sementara, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen mengatakan, potensi korupsi oknum kepala desa (kades) atau perangkat desa mungkin terjadi bila tidak ada integritas karena pemerintah pusat menganggarkan dana desa dengan jumlah yang fantastis.

Bantuan dana desa di Jateng pada 2020 hingga 2022 nilainya masing-masing Rp8,1 triliun.

Selain dana desa adapula bantuan pemerintah provinsi Jateng yang ditujukan untuk pengembangan desa mulai dari ketahanan, sarana prasarana hingga peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Trans Semarang Hadirkan Bus Ramah Disabilitas

Senin, 28 November 2022 | 17:24 WIB

Pemkot Semarang Berhasil Raih Dua Penghargaan di IHIA

Jumat, 25 November 2022 | 20:56 WIB
X