• Senin, 3 Oktober 2022

Ganjar Minta Penghapusan Guru Honorer Dilakukan Bertahap

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:33 WIB
Ganjar Minta Penghapusan Guru Honorer Dilakukan Bertahap  (Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng)
Ganjar Minta Penghapusan Guru Honorer Dilakukan Bertahap (Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, KABARKU.NET - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meminta penghapusan guru honorer harus dilakukan dengan tahapan yang jelas.

Termasuk mempertimbangkan persebaran tenaga pendidik karena kebutuhan tenaga pendidik masih cukup tinggi.

“Penghapusan gutu honorer, saya kira musti ada tahapannya ya. Jangan langsung dihapus, karena tenaganya kurang  akan menyulitkan. Apalagi kalau kita bicara guru, kurangnya masih banyak, termasuk persebarannya," kata Ganjar usai membuka Kongres ke-3 Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Sabtu 30 Juli 2022.

Baca Juga: 25 Ribu Non ASN Bakal Terkena PHK, Satu Nada Mengadu ke DPRD Jateng

Menurut Ganjar ada dua cara yang bisa dilakukan terkait hal itu. Pertama, pengurangan secara pelan-pelan dan bertahap. Kedua, mendorong penggunaan teknologi untuk menggantikan.

"Selain itu persebaran tenaga pendidik saat ini masih kurang merata. Masih ada daerah yang kekurangan tenaga pendidik, sehingga penghapusan guru honorer juga harus mempertimbangkan hal itu,” ujarnya.

Dalam Kongres PGSI, Ganjar meminta para guru swasta juga memiliki program untuk mengantisipasi perkembangan zaman, khususnya mengenai transfer of knowledge dan transfer of value.

Rata-rata para guru sebenarnya sudah memahami tantangan itu. Namun, dalam praktiknya guru, terutama guru honorer, masih dihadapkan dengan beberapa masalah.

Baca Juga: Kota Semarang Gencarkan Kampanye Gempur Rokok Ilegal

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran Landa Rumah Warga Tambakrejo Semarang

Senin, 3 Oktober 2022 | 15:28 WIB
X