• Senin, 8 Agustus 2022

Pemprov Jateng Melalui DKP Programkan 10.000 Asuransi Nelayan Kecil Muatan 10 GT ke Bawah

- Senin, 24 Januari 2022 | 10:53 WIB
Pemprov Jateng Melalui DKP Programkan 10.000 Asuransi Nelayan Kecil Muatan 10 GT ke Bawah. (Kabarku.net/dok. Humas DKP Jateng)
Pemprov Jateng Melalui DKP Programkan 10.000 Asuransi Nelayan Kecil Muatan 10 GT ke Bawah. (Kabarku.net/dok. Humas DKP Jateng)

SEMARANG, KABARKU.NET - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah telah menganggarkan program asuransi untuk 10.000 nelayan kecil pada 2022.

Alokasi 10.000 kuota asuransi tersebut untuk nelayan kecil, baik yang melaut maupun yang mencari ikan di perairan tawar sebagai bentuk perlindungan.

Fungsional Pengelola Produksi Perikanan Tangkap pada DKP Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Rofik Muammar mengatakan, program asuransi tersebut mencakup jaminan jiwa bagi nelayan dan pelaku usaha kecil di bidang perikanan.

Baca Juga: Bupati Kendal Dico Tempati Rumah Dinas, Setelah 1 Tahun Tinggal di Rumah Kontrakan

"Asuransi nelayan dikhususkan untuk nelayan kecil, tujuannya melindungi keselamatan jiwa dan jaminan bagi keluarga yang ditinggalkan," kata Rofik di Semarang, akhir pekan lalu.

Mmnurut Rofik klasifikasi nelayan yang mendapat alokasi adalah seseorang yang punya kapal di bawah 10 gross tonnage (GT), serta nelayan yang ada di sungai atau waduk.

"Kalau yang 10 GT ke atas kan ada BPJS Ketenagakerjaan yang melindungi para anak buah kapal (ABK), tapi kalau nelayan kecil ketika melaut dan ada apa-apa, mereka tidak punya biaya berobat. Mereka tidak bisa melindungi diri sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Gencarkan Razia Sepeda Motor, Ditlantas Polda Jateng Preteli 7.405 Knalpot Brong

Berdasarkan data DKP Jateng, kuota 10.000 asuransi nelayan disebar pada 24 daerah yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Kebumen, Kendal, Pekalongan, Pemalang, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Tegal, Wonogiri, Wonosobo, Kota Pekalongan, Kota Semarang, dan Kota Tegal.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X