• Jumat, 27 Mei 2022

Gubernur Ganjar Minta Tahun Depan Bupati/Wali Kota Berikan Gaji Guru Honorer Sesuai UMK

- Kamis, 25 November 2021 | 21:02 WIB
Gubernur Ganjar Minta Tahun Depan Bupati/Wali Kota Berikan Gaji Guru Honorer Sesuai UMK ((Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng).)
Gubernur Ganjar Minta Tahun Depan Bupati/Wali Kota Berikan Gaji Guru Honorer Sesuai UMK ((Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng).)

SEMARANG, KABARKU.NET - Bupati/wali kota diminta untuk memberikan penghargaan pada guru honorer dengan memberikan honor sesuai upah minimun kabupaten/kota (UMK).

Permintaan ini disampaikan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo pada peringatan Hari Guru Nasional di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Semarang, Kamis (25/11).

Menurut Ganjar, sampai saat ini, masih banyak guru honorer di yang berada di bawah naungan bupati/wali kota belum mendapatkan upah layak, masih di bawah UMK.

“Saya mendorong para bupati dan walikota dan DPRD kabupaten/kota untuk lebih memperhatikan nasib guru honorer. Saya harap tahun depan semua sudah bisa dapat gaji setara UMK,” pintanya.

Baca Juga: Realisasi Investasi Triwulan III di Jateng Capai Rp38,19 Triliun

Untuk guru honorer SMA/SMK yang berada di bawah naungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng semua sudah mendapat gaji setara upah minimum kabupaten/kota (UMK).

Namun, untuk guru honorer SD-SMP yang berada di bawah naungan kabupaten/kota, banyak yang belum mendapatkan haknya secara layak.

Ganjar menambahkan, menaikan gaji guru honorer setara UMK, tidak ada yang sulit. Semua bisa dilakukan, asal ada kemauan yang kuat dari kepala daerah.

“Tolong mereka dibayar setara UMK. Jangan bilang tidak ada. Kalau tidak ada, ya gaji bupati/wali kota yang dikurangi, jangan mereka guru honorer yang ditunda,” pintanya.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X