Wali Kota Semarang dan Wali Kota Solo Sepakat Jalin Kerja Sama Pariwisata dan Budaya

- Rabu, 22 Maret 2023 | 15:54 WIB
Wali Kota Semarang Mbak Ita (kanan) dan Wali Kota Solo Gibran Sepakat Jalin Kerja Sama Pariwisata dan Budaya (Kabarku.net/Nor Rochman)
Wali Kota Semarang Mbak Ita (kanan) dan Wali Kota Solo Gibran Sepakat Jalin Kerja Sama Pariwisata dan Budaya (Kabarku.net/Nor Rochman)

SEMARANG, KABARKU.NET - Wali Kota  Semarang Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka sepakat menjalin kerja sama pengembangan pariwisata dan budaya antarkedua kota.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama oleh Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Penandatangan naskah kerja sama tersebut dilakukan Mbak Ita panggilan Wali Kota Semarang dan Gibran di sela prosesi kirab Dugderan di Halama Balai Kota Semarang, Selasa (21/3).

Baca Juga: Kemenag Hari Ini Lakukan Rukyatul Hilal di 124 Titik Lokasi di Indonesia Tentukan Awal Ramadhan

“Alhamdulillah penandatanganan terkait kerja sama pariwisata antara Pemkot Semarang dan Pemkot Kota Solo sudah dilakukan,” kata Mbak Ita.

Menurut Mbak Ita kerja sama yang akan dijalankan juga mencakup penelitian dan penggalian situs-situs warisan budaya di Semarang dan Solo karena sejarah berdirinya  Kota Semarang tidak lepas dari keberadaan kasunanan Surakarta dan kesultanan Mataram.

“Kami nanti berencana akan membuat story telling antara keterkaitan Kota Solo dan Kota Semarang,” tandasnya.

Sementara, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan harapannya agar ke depan sektor budaya dan pariwisata di Solo dan Semarang hidup dan saling mendukung karena terhubung dari sisi transportasi dan kebudyaaan.

“Kegiatan-kegiatan kebudayaan dan pariwisata bisa dilaksanakan oleh Pemkot Solo dan Pemkot Semarang, kan sudah ada tol yang menghubungkan Semarang dan Solo jadi dekat,” jelas Gibran.

Putra Presiden Jokowi ini menambahkan dengan adanya kerja sama ini maka tidak ada lagi event-event yang jadwalnya saling berbenturan sehingga tidak membingungkan masyarakat.

Baca Juga: Kadensus 88 Sebut Kelompok Teroris Gunakan Medsos untuk Propaganda dan Rekrut Anggota Baru

“Harapannya bisa sinergi, terutama terkait jadwal event agar tidak bertabrakan antara Solo dan Semarang,” harapnya.***

 

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X