• Sabtu, 25 Juni 2022

Survei Pilpres 2024 DTS, Jawa Bagian Tengah Punya 3 Kandidat Kuat Capres Yakni Ganjar, Prabowo, Anies

- Selasa, 16 November 2021 | 22:09 WIB
Hail survei lembaga Development Technology Strategy (DTS) tentang capres 2024. (Kabarku.net/istimewa).
Hail survei lembaga Development Technology Strategy (DTS) tentang capres 2024. (Kabarku.net/istimewa).

SEMARANG, KABARKU.NET - Kawasan Jawa bagian tengah bakal memiliki tiga kandidat kuat calon presiden (capres) pada pilpres 2024 yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan dan Keamanan), dan Anies Baswedan (Gubernu DKI Jakarta) akan bersaing memperebutkan suara di dua provinsi yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini terungkap dari hasil survei lembaga Development Technology Strategy (DTS) yang dilakukan pada minggu pertama hingga minggu keempat Oktober 2021 di 29 provinsi di Indonesia.

“Dari hasil survei popularitas dan elektabilitas (keterpilihan) nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan konsisten muncul sebagai tokoh-tokoh yang terkuat jika maju calon presiden pada pilpres 2024,” kata Direktur Eksekutif DTS, Ainul Huda pada rilis hasil survei secara virtual Minggu 14 November.

Baca Juga: Warga Solo Terdampak Proyek Jalur Ganda Solo-Semarang Terima Ganti Rugi

.Menariknya, lanjut Ainul, keketiga figur kadidat capres ini memiliki kedekatan sejarah dan akar kultural dengan Jawa bagian Tengah.

Jawa Tengah (Jateng) sendiri menempati urutan ketiga dalam jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 secara nasional dengan 17,9 juta pemilih, di bawah Jawa Barat dengan 32,6 juta dan Jawa Timur dengan 30,9 juta pemilih. Sementara DI Yogyakarta memiliki 2,7 juta DPT.

“Pak Ganjar jelas memiliki basis dukungan yang kuat karena saat ini sebagai Gubernur Jateng dan orang Jateng. Orang tua Pak Prabowo yakni Prof. Soemitro orang Kebumen Jateng, sedangkan Pak Anies pernah menghabiskan kehidupan masa kecil hingga remaja serta pendidikannya di Yogyakarta sehingga boleh dibilang kental kultur Jawanya,” katanya.

Baca Juga: Kisah Risa, Wisudawan Terbaik di FITK UIN Walisongo yang Idap Tunanetra Low Vision dan Hampir Berhenti Kuliah

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Relawan Muda Tim 7, Satu Sikap 2024 Bersama Jokowi

Minggu, 12 Juni 2022 | 07:23 WIB

PKS Jateng Gelar Workshop Siapkan Caleg Perempuan

Minggu, 12 Desember 2021 | 21:45 WIB
X