• Kamis, 28 Oktober 2021

Baginda Jelaskan Arti Istilah Banteng dan Celeng di PDIP

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:59 WIB
Baginda Jelaskan Arti Istilah Banteng dan Celeng di PDIP. (istimewa)
Baginda Jelaskan Arti Istilah Banteng dan Celeng di PDIP. (istimewa)

SOLO, KABARKU.NET - Polemik istilah banteng vs celeng, ditanggapi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan.

Menurut Baginda, istilah banteng dan celeng di PDI bukanlah istilah baru dan sudah sejak lama dipakai sejak jaman Soekarno (Bung Karno).

“Menurut saya  istilah banteng dan celeng ini berangkat dari pidatonya Bung Karno pada 23 Januari 1945. Saat itu Bung Karno mengatakan syarat terbentuknya partai pelopor itu adalah disiplin kader partai. Oleh karena itu PDI ketika ingin menjadi partai pelopor maka seluruh kader harus disiplin,” katanya, Rabu 13 Oktober 2021.

Disiplin tegak lurus terhadap apa yang menjadi keputusan partai. Kader yang berpedoman kepada sikap politik, berpedoman kepada kebijakan, dan berpedoman kepada program perjuangan partai.

Baca Juga: PON XX Papua : Fatoni Sumbang Emas Terjun Payung Untuk Jateng

Baca Juga: Inilah 4 Bahaya Besar Jika Seseorang Kencanduan TikTok

Baginda menambahkan semua paham PDIP adalah partai yang menganut ajaran Bung Karno, yakni menjalankan kepemimpinan dengan prinsip demokrasi terpimpin.

Sehingga kader partai tidak bisa suka-sukanya dia, kader partai itu harus tegak lurus, harus taat, patuh terhadap AD ART partai, terhadap keputusan keputusan partai.

“Khususnya kongres partai di mana salah satunya mengamanatkan keputusan calon presiden dan calon wakil presiden itu sepenuhnya kewenangan ibu Ketua Umum,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Profil Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus

Kamis, 30 September 2021 | 17:10 WIB

Wali Kota Semarang Tak Terima Puan Dinyinyiri Warganet

Minggu, 12 September 2021 | 21:45 WIB
X