KPK Dorong Perguruan Tinggi Ikut Tanggung Jawab Alumninya Jaga Integritas Agar Tak Korupsi

- Selasa, 27 September 2022 | 13:33 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Gufron (enam dari kiri) Dorong Perguruan Tinggi Ikut Tanggung Jawab Alumninya Jaga Integritas Agar Tak Korupsi (Kabarku.net/Istimewa)
Wakil Ketua KPK Nurul Gufron (enam dari kiri) Dorong Perguruan Tinggi Ikut Tanggung Jawab Alumninya Jaga Integritas Agar Tak Korupsi (Kabarku.net/Istimewa)

SEMARANG, KABAR.NET - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong perguruan tinggi untuk ikut bertanggungjawab mengawal para alumni untuk menjaga integritas.

Menurut KPK Wakil Ketua KPK Nurul Gufron saat ini yang dibutuhkan dari perguruan tinggi adalah lulusan yang berintegritas sehingga tidak melakukan tindak korupsi.

"Agar ada tanggungjawab akademik dari perguruan tinggi pada alumni-alumninya yang berintegritas,” katanya saat memberikan materi di Ruang Teather UIN Walisongo Semarang, Senin, 26 September 2022.

Baca Juga: Bawaslu Jateng Rombak Kepengurusan Periode 2022-2027, Ketua Dijabat Muhammad Amin

Dalam paparannya, Gufron semula menjelaskan bentuk-bentuk tindak pidana korupsi, mulai menyalahgunakan wewenang, memperkaya diri atau orang lain, suap, gratifikasi, pemerasan hingga konflik interest.

Semua jenis korupsi tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda. Semua pihak dapat terjerat korupsi, baik kalangan akademik maupun non akademik.

Lebih lanjut, Gufron menyatakan perguruan tinggi bukan hanya lembaga yang sebatas pencetak knowledge. Kalau hanya knowledge, perguruan tinggi akan kalah dengan robot.

Oleh karenanya, selain knowledge harus diajarkan integritas karena orang korupsi adalah orang yang tidak tahu siapa dirinya, kemana akan pergi.

“Korupsi adalah sesat arah sehingga jika tidak tahu orientasi yang jelas mau kemana, apa yang dilakukan, maka perlu diingatkan agar jangan sampai tersesat,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

S1 Manajemen Unissula Terakreditasi Unggul

Senin, 2 Januari 2023 | 09:54 WIB

Proses Pendaftaran Cepat dan Langsung Dapat KTM

Sabtu, 31 Desember 2022 | 17:18 WIB

STIE Semarang Lepas 155 Wisudawan

Rabu, 28 Desember 2022 | 05:43 WIB

Prodi PBSI Unissula Sasar Akreditasi Unggul

Selasa, 20 Desember 2022 | 14:52 WIB

Undip Raih 5 Penghargaan Anugerah Diktiristek 2022

Sabtu, 17 Desember 2022 | 23:15 WIB

Anak Guru yang Sukses Raih Gelar Profesor

Rabu, 14 Desember 2022 | 11:51 WIB
X