• Sabtu, 25 Juni 2022

Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih Emas di Ajang Indonesia International IoT Olympiad 2022

- Kamis, 26 Mei 2022 | 13:49 WIB
Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih Emas di Ajang Indonesia International IoT Olympiad 2022 . (Kabarku.net/Istimewa)
Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih Emas di Ajang Indonesia International IoT Olympiad 2022 . (Kabarku.net/Istimewa)

KUDUS, KABARKU.NET - Tim riset MTs NU Banat Kudus meraih medali emas ajang Indonesia International IoT Olympiad yang digelar secara luring dan daring di Universitas Muria Kudus (UMK), Jawa Tengah pada 21-23 Mei 2022.

Tim Aldi (Alzheimer Demensia) MTs NU Banat Kudus memboyong medali emas setelah meyakinkan tim juri tentang riset dan pembuatan aplikasi untuk deteksi dini alzheimer demensia.

Tim riset Aldi dari MTs NU Banat itu beranggota Aisha Kamila Gussaldy, Najwa Rusyda Kamila, dan Keisya Kanya Juniara. Mereka meneliti penyakit alzheimer, yakni penyakit otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir, serta membuat aplikasinya.

Baca Juga: Menag Sampaikan Suhu di Arab Saudi Sampai 46 Derajat Celsius, Jemaah Calon Haji Agar Siapkan Fisik

“Tujuan riset dan pembuatan aplikasi untuk memberikan informasi tentang penyakit alzheimer demensia, cara pencegahan, dan konsultasi dengan dokter,” Aisha Kamila Gussaldy, di Auditorium Universitas Muria Kudus usai pengumuman lomba pada Senin, 23 Mei 2022.

Aisha menjelaskan, aplikasi yang dibuat timnya diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memahami, mencegah penyakit alzheimer dan demensia sekaligus sebagai tempat informasi serta konsultasi dengan para dokter. Dalam aplikasi tersebut, ada kuis seputar informasi penyakit demensia dan cara pencegahannya.

“Pengguna juga akan bisa terhubung dengan para dokter yang sudah kami tentukan. Mereka bisa berkonsultasi dengan dokter itu jika menghendaki,” ujar siswa kelas VII itu.

Baca Juga: Baznaz Kota Semarang Kirim 10.000 Nasi Bungkus Per Hari, Bagi Warga Terdampak Rob

Sementara, Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah, M.Pd, mengatakan dalam ajang Indonesia International IoT Olympiad mengirimkan dua tim untuk berlaga pada ajang internasional yang digelar selama tiga hari itu di Universitas Muria Kudus.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Undip Kukuhkan Delapan Guru Besar Sekaligus

Rabu, 15 Juni 2022 | 05:58 WIB

Sombong, Iri, dan Serakah Sumber Dosa Manusia

Senin, 9 Mei 2022 | 08:14 WIB
X