• Sabtu, 25 Juni 2022

Jadi Profesor di Indonesia Ternyata Cukup Sulit Lho, Saat Ini Jumlahnya Hanya 2%

- Kamis, 7 April 2022 | 14:11 WIB
Jadi Profesor di Indonesi Ternyata Cukp Sulit, Saat Ini Jumlahnya Hanya 2% (Kabarku.net/Ist)
Jadi Profesor di Indonesi Ternyata Cukp Sulit, Saat Ini Jumlahnya Hanya 2% (Kabarku.net/Ist)

LAMPUNG, KABARKU.NET – Menjadi profesor di Indonesia ternyata cukup sulit. Dari 312.890 dosen di Tanah Air hanya 5.479 orang atau 2% yang telah menyandang gelar guru besar.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa sekaligus Rektor Universitas Lampung Prof. Karomani pada webinar yang digelar Universitas Lampung (Unila) bersama SEVIMA secara hybrid yakni langsung dan virtual.

Webinar yang membahas strategi meningkatkan jumlah profesor dan mempercepat kenaikan jabatan fungsional dosen diikuti 250 rektor dan 8.000 dosen dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Polda Jateng Temukan Minyak Goreng Kemasan Diduga Tak Berizin di Pasar Boja Kendal

Kegiatan tersebut mendapat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk kegiatan Webinar Nasional dengan peserta terbanyak yang diikuti oleh Rektor se-Indonesia, pada Selasa 5 April 2022 sore.

“Webinar ini diminati para peserta karena menjadi profesor di Indonesia amatlah sulit. Padahal, menjadi profesor adalah cita-cita seluruh dosen di penjuru negeri, sekaligus dapat mendukung peningkatan mutu dan kualitas pendidikan Indonesia,” ujar Karomani.

Menurut Karomani kesulitan menjadi profesor karena banyaknya syarat administrasi yang perlu dipenuhi dosen, seperti syarat minimum mengajar mahasiswa sarjana hingga doktoral, membimbing disertasi, angket sesama dosen, surat rekomendasi, hingga syarat publikasi di internasional.

“Hanya dua persen dosen di Indonesia yang sudah menjadi Profesor. Saya pribadi adalah saksi hidup betapa sulitnya menjadi professor. Lima tahun saya mengurus syarat administrasi menjadi profesor. Sekarang saya sebagai Rektor, tidak ingin dosen saya kesulitan seperti saya dulu,” ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Tanggal 29 April dan 4-6 Mei Cuti Bersama Idulfitri 1443 H

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Undip Kukuhkan Delapan Guru Besar Sekaligus

Rabu, 15 Juni 2022 | 05:58 WIB

Sombong, Iri, dan Serakah Sumber Dosa Manusia

Senin, 9 Mei 2022 | 08:14 WIB
X