• Kamis, 26 Mei 2022

Petani di Getasan Dibantu Green House Untuk Tingkatkan Kualitas Sayuran

- Selasa, 28 Desember 2021 | 09:51 WIB
Peresmian green house (Foto: dok)
Peresmian green house (Foto: dok)

SEMARANG, KABARKU.NET- Dosen dari berbagai fakultas di Unissula melakukan pengabdian masyarakat di Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Mereka adalah Dr Asyhari MM, Dr Budi Cahyono MSi, Dr Siti Sumiati MSi, Dyana Wijayanti MPd PhD, Naila Najihah MSc dan Choiril Anwar MPd.

Para dosen dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi tersebut juga dibantu para mahasiswa yang sedang melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Juga: Pemerintah Akan Setop Ekspor Bahan Mentah Tambang secara Bertahap

Hal yang dilakukan antara lain pelatihan dan pendampingan. Pelatihan entrepreneurship untuk penguatan jiwa kreativitas dan inovasi. Pelatihan sertifikasi sayuran organik untuk menstandarisasi kualitas sayuran organik menuju sertifikasi nasional dan internasional.

Pelatihan marketing online untuk meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar. Pelatihan HKI untuk menjadikan usaha pupuk organik dan sayuran organik berbasis green house menjadi usaha yang memiliki keunggulan bersaing di masa depan.

Pelatihan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng PT Sido Muncul dan CV Bangkit Merbabu. Program pengabdian masyarakat tersebut diharapkan dapat menghasilkan beberapa luaran berupa artikel jurnal, publikasi media massa, toko online, sertifikat produk sayuran organik (nasional), sertifikat hak cipta, pendaftaran merk dan dan hak paten sederhana.

Tim telah membangun green house dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sayuran organik sehingga terstandarisasi. Peletakan batu pertamanya dilaksanakan 13 Desember oleh Camat Getasan Dra Istiqomah dan diresmikan oleh Kepala LPPM Dr Asyhari MM tanggal 25 Desember 2021 ini. ***

 

Halaman:

Editor: S. Khajarwati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sombong, Iri, dan Serakah Sumber Dosa Manusia

Senin, 9 Mei 2022 | 08:14 WIB

Kemenag Masih Kekurangan 192.009 Guru Madrasah

Jumat, 8 April 2022 | 11:00 WIB
X