KONI Jateng Galau Atlet Bulutangkis Masuk Pelatnas Dilarang Ikut PON 2024

- Kamis, 26 Januari 2023 | 11:58 WIB
KONI Jateng Galau Atlet Bulutangkis Masuk Pelatnas Dilarang Ikut PON 2024 (Kabarku.net/dok. Humas KONI Jateng)
KONI Jateng Galau Atlet Bulutangkis Masuk Pelatnas Dilarang Ikut PON 2024 (Kabarku.net/dok. Humas KONI Jateng)

SEMARANG, KABARKU.NET - KONI Jawa Tengah (Jateng) galau karena atlet bulutangkis yang masuk Pelatnas bakal dilarang bertanding pada ajang PON 2024

Kegalauan ini disampaikan Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana saat audiensi dengan PB Djarum Yoppy Rosimin dan Ketua Pengprov PBSI Jateng Basri Yusuf di Kantor RSO PT Djarum Semarang, Rabu 25 Januari 2023.

Hadir dalam pertemuan itu, Corporate Communication Manager PT Djarum, Budi Darmawan, Wakil Ketua Umum II KONI Jateng Soedjatmiko, Sekum Ahmad Ris Ediyanto, Kabid MSD Heri Pelupessi, Kabid Kerja Sama Antarlembaga Erikda Ucok Hindratmo, serta Kabid Media-Humas Darjo Soyat.

Baca Juga: Pimpinan Ponpes Fadhlun Fadhlan KH Musyafa’ Sebut Tidak Fair Melarang Politik Identitas

Basri Yusuf menyatakan banyak peraturan pertandingan bulutangkis yang berubah, seperti pada PON Papua 2021 yang melarang pemain Pelatnas sehingga Jateng menjadi daerah yang paling dirugikan.

“Karena slot pemain yang ditinggal oleh pemain yang tiba-tiba masuk tim Piala Thomas-Uber tidak bisa diganti, sehingga kita hanya dapat perak dan perunggu,” katanya.

Pada PON tahun 2024, menurut Basri peraturannya lebih ketat lagi yakni stiap pemain dari kelompok umur mana pun, jika masuk Pelatnas maka tidak bisa ikut membela provinsi.

“Risikonya, misalnya Jateng sudah menetapkan pemain sesuai long list yakni 14 putra dan 14 putri, kemudian pada Desember 2023 ada pemain muda Jateng yang ditarik ke Pelatnas, maka harus ganti pemain baru. Ini harus kami waspadai,” ujarnya.

Lebih lanjut Basri menjelaskan, cabang bulutangkis akan mengikuti babak Pra-PON di Yogyakarta, Agustus mendatang. Jateng tergabung bersama tuan rumah DIY, Banten dan Bali.

“Juara Pra-PON berhak mengirimkan beregu dan perorangan dan runner up, hanya boleh mengirim perorangan,'' paparnya.

Baca Juga: Presiden Pastikan Kesiapan Indonesia Gelar FIFA U-20 Hingga ANOC World Beach Games 2023

Sementara, Yoppy  menyatakan Jateng tidak pernah kehabisan bibit pemain. Salah satu bukti adalah pada Piala Presiden 2022 di GOR Nanggala Cijantung Jakarta, 6 Agustus 2022 meraih juara umum dengan merebut sembilan dari 11 gelar yang diperebutkan. Total Jateng mengantongi 28 medali ( 9 emas, 7 perak dan 8 perunggu).

Yoppy juga menjelaskan, bahwa Djarum juga membina atlet-atlet panahan, sepak bola dan atletik di bawah usia 15 tahun. ''Tujuan kami murni pembinaan. Selepas itu, mereka boleh ke klub lain. Misalnya sepak bola boleh ke Liga 3, 2 bahkan 1,'' jelasnya.

Sekum KONI Jateng Ahmad Ris Ediyanto menjelaskan, KONI Jateng memiliki agenda besar pada 2023 yakni Pra-PON Aceh - Sumut dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di 6 kabupaten eks Karesidenan Pati (Pati, Jepara, Kudus, Rembang, Blora dan Grobogan).

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Setujui Naturalisasi 3 Pemain Sepak Bola

Selasa, 21 Maret 2023 | 13:11 WIB

Laga Persis Solo - PS Barito Putera Bersaing Taktik

Minggu, 19 Maret 2023 | 04:42 WIB
X