Pemain Naturalisi Asal Belanda, Shyne Patyynama Bangga dan Bahagia Jadi Orang Indonesia

- Rabu, 25 Januari 2023 | 10:06 WIB
Pemain Naturalisi Asal Belanda, Shyne Patyynama (kanan) Bangga dan Bahagia Jadi Orang Indonesia (Kabarku.net/dok. pssi.go.id)
Pemain Naturalisi Asal Belanda, Shyne Patyynama (kanan) Bangga dan Bahagia Jadi Orang Indonesia (Kabarku.net/dok. pssi.go.id)

JAKARTA, KABARKU.NET - Pemain sepak bola naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama merasa sangat bangga dan bahagia setelah resmi menjadi orang Indonesia.

Shayne mengaku ingin bermain di Timnas Indonesia dan membawanya untuk bisa lolos ke Piala Dunia serta menjadi salah satu tim sepak bola terbaik di kawasan Asia.

“Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di atas sana sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya,” katanya usai diambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), DKI Jakarta, Selasa 24 Januari dilansir dari pssi.go.id.

Baca Juga: Polisi Ringkus DPO Oknum Wartawan Diduga Ikut Peras Keluarga Pelaku Perkosaan Anak di Brebes

Saat pengambilan sumpah sebagai WIN, pemain yang lahir di Lelystad, Belanda, pada 11 Agustus 1998 didampingi Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan utusan PSSI yang mengurus naturalisasi, Hamdan Hamedan.

“Alhamdulillah Shayne Pattynama telah resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Tentunya ini yang ditunggu-tunggu oleh kita.Terima kasih kepada Bapak Presiden, juga kepada DPR, Komisi III, Komisi X, Menpora, dan semua," kata Mochamad Iriawan.

Shayne Pattynama mulai menjalani proses naturalisasi sejak akhir Mei 2022. Pada November 2022, permohonan naturalisasinya disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kemudian pada awal Januari 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengabarkan bahwa Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) perpindahan kewarganegaraan Shayne Pattynama.

“Kami akan mengurus perpindahan asosiasi Shayne Pattynama di FIFA dari Belanda (KNVB). Jika tahapan berjalan lancar, bisa memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode 20-28 Maret 2023,” ujar Iriawan.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X