• Senin, 8 Agustus 2022

Anggota DPD RI Abdul Kholik Minta Akhlak Berlalu Lintas Bisa Masuk Muatan Lokal Sekolah di Jateng

- Jumat, 17 Desember 2021 | 00:01 WIB
Anggota DPD RI  Abdul Kholik (dua dari kiri) Minta Akhlak Berlalu Lintas Bisa Masuk Muatan Lokal Sekolah di Jateng. (Kabarku.net/istimewa)
Anggota DPD RI Abdul Kholik (dua dari kiri) Minta Akhlak Berlalu Lintas Bisa Masuk Muatan Lokal Sekolah di Jateng. (Kabarku.net/istimewa)

 

SEMARANG, KABARKU.NET - Tingginya kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang dilakukan anak muda di Jawa Tengah membuat perihatin anggota DPD RI Abdul Kholik.

Menurutnya berdasarkan data pada tahun 2021 kasus Lakalantas di Jawa Tengah (Jateng) sudah mencapai angka 23.000 lebih menyebabkan korban 2.000 orang.

“Banyak pelanggaran lalu lintas yang dilakukan anak muda karena mereka tidak tertib dalam berlalu lintas,” kata Kholik saat melakukan silahturahmi dengan para ulama dan kiai di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di Jalan Gajah Raya Semarang, Kamis (16/12).

Baca Juga: Demi Ketemu Ganjar, Siswa SMP Asal Cilacap Yudha Nekat Gowes Sepeda Sejauh 250 Km

Guna mencegah kasus Lakalantas ini, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jateng ini akan memperjuangkan muatan akhlak berlalu lintas menjadi muatan lokal di sekolah.

Untuk memasukkan muatan lokal akhlak berlalu lintas sebenarnya sangat terbuka dan sudah ada wadahnya, misalnya Pendidikan Kewarganegaraan.

“Materi Pendidikan Kewarganegaraan itu tinggal diisi  muatan tentang keselamatan berlalu lintas,” tandasnya.

Dengan dimasukkannya akhlak berlalu lintas di sekolahan, diharapkan akan muncul kesadaran individual untuk tertib berlalulintas sejak usia remaja.

Sebab tertib lalu lintas itu menjadi tanggung jawab kolektifitas masyarakat. Kalau ada satu unsur masyarakat saja yang tidak tertib berlalu lintas, maka dampaknya akan fatal ke unsur masyarakat lainnya.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Raih Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:08 WIB
X