• Senin, 3 Oktober 2022

Rektor UMY Sebut Muhammadiyah Bukan Hanya Untuk Indonesia

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:34 WIB
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Gunawan Budianto (kanan) menyebut Muhammadiyah bukan hanya untuk Indonesia. (Kabarku.net/Istimewa)
Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Gunawan Budianto (kanan) menyebut Muhammadiyah bukan hanya untuk Indonesia. (Kabarku.net/Istimewa)

JOGJA, KABARKU.NET - Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Gunawan Budianto menyebutkan keberadaan Muhammadiyah bukan hanya untuk Indonesia.

Sebab ajaran Al Ma’un yang disampaikan pendiri Muhammad, KH. Ahmad Dahlan tidak menyebutkan bangsa apa, tetapi manusia dan kemanusiaan.

“Sudah saatnya kita harus kembali kepada ide KH. Ahmad Dahlan bahwa Muhammadiyah untuk manusia dan kemanusiaan, bukan khusus untuk satu bangsa dan negara,” katanya dalam ‘Muktamar Talk’ di kampus UMY, Jumat 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Kota Semarang Pecahkan Rekor Leprid Bagikan Kue Merah Putih Terbanyak Kepada 4.577 Peserta Apel

Acara yang dipandu Budi Santoso merupakan program diskusi yang digelar berseri dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke-48 di Solo, 18-20 November 2022.

Menurut Gunawan, atas dasar itulah maka di berbagai daerah Muhammadiyah hadir dengan amal usahanya yang melayani tanpa memandang perbedaan.

Dia menyebutkan Universitas Muhammadiyah di Kupang mahasiswanya 80 % non Islam, demikian pula Universitas Muhammadiyah di Sorong Papua.

“Ini artinya Muhammadiyah bukan gerakan eksklusif, tetapi gerakan inklusi yang prioritasnya keluar dan tidak mengenal golongan, tidak mengenal agama,” tandas Rektor UMY.

Terkait internasionalisasi gerakan Muhammadiyah, menurut Gunawan Budianto, bukan berarti urusan sosial kemasyarakatan di Indonesia sudah selesai.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

13 Anggota Pati Polri Naik Pangkat, Ini Daftarnya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:45 WIB

Masyarakat Baubau Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Selasa, 27 September 2022 | 06:59 WIB

Menaker: Tahun Ini BSU Disalurkan Secara Nasional

Minggu, 18 September 2022 | 08:24 WIB
X