• Minggu, 28 November 2021

Tarif PCR Turun Jadi Rp 275 Ribu di Jawa Bali dan Rp 300 Ribu di Daerah Lainnya

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:11 WIB
Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir  (Tangkapan Layar Youtube)
Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir (Tangkapan Layar Youtube)

KABARKU.NET-Kementerian Kesehatan menetapkan tarif baru Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Adapun tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR untuk Jawa dan Bali sebesar Rp 275 ribu dan untuk luar pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 300 ribu.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Prof. dr. Abdul Kadir mengatakan penetapan harga baru RT-PCR setelah dilakukan evaluasi melalui perhitungan biaya pengambilan dan pemeriksaan RT-PCR.

Menurutnya, biaya tersebut terdiri dari komponen – komponen jasa pelayanan/SDM, komponen reagen dan bahan habis pakai (BHP), komponen biaya administrasi, Overhead, dan komponen biaya lainnya yang kita sesuaikan dengan kondisi saat ini.

Baca Juga: Libur Nataru, Ganjar Siapkan Skenario Antisipasi Penyebaran Covid 19

“Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR diturunkan menjadi Rp 275 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta sebesar Rp 300 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali,” katanya dalam keterangan pers secara virtual, seperti dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu 27 Oktober 2021.

Pemangkasan tarif dari yang sebelumnya Rp 495 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali dan Rp 525 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Bali ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kadir menambahkan batasan tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR tersebut telah ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan nomor HK.02.02/1/3843/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan RT-PCR, dan mulai berlaku Rabu 27 Oktober 2021.

Kadir menegaskan agar semua fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, laboratorium dan fasilitas pemeriksa lainnya yang telah ditetapkan oleh Menteri dapat mematuhi batasan tarif tertinggi RT-PCR tersebut.

Halaman:

Editor: Joko Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Dorong Produksi Mobil Listrik

Rabu, 17 November 2021 | 16:01 WIB
X