Motivasi Wulan Utoyo, di Workshop Business Plan Kota Pekalongan

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:53 WIB
Motivasi Wulan Utoyo, di Workshop Business Plan Kota Pekalongan (kabarku.net / foto : Nor Rochman)
Motivasi Wulan Utoyo, di Workshop Business Plan Kota Pekalongan (kabarku.net / foto : Nor Rochman)

PEKALONGAN, KABARKU.NET - Dinas Perdagangan, Koperasi (Dindagkop) UKM Kota Pekalongan menggelar Workshop Business Plan, di Aula Lantai 2 Kantor Dindagkop, pada Jum'at, 2 Desember 2022.

Acara yang dihadiri 60 peserta tersebut bertujuan, agar menjadi upaya dalam meningkatkan penjualan produk UKM melalui Pemasaran Online.

Para peserta terdiri dari kalangan anak muda asal Pekalongan, yang juga calon pengusaha dan para pelaku UKM muda yang ingin mengembangkan usahanya.

Sedangkan narasumber yang diundang antara lain, Wulan Utoyo (Ciklan) Owner Batik Bulan Kota Pekalongan, Juragan COD, Fahrus Salis. Kemudian, Nugroho Heppy, Tipuk Prasetyowati dan Veri Yudianto.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hadiri Peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di Semarang

Wulan Utoyo atau yang akrab disapa Ciklan, memberi paparan era digital saat ini, para pelaku usaha UKM harus mengambil kesempatan memasarkan produknya secara online.

"Era kita beda dengan jaman dulu. Sekarang, kalau kita tidak kreatif dan inovatif, ya kita akan ketinggalan. Kita punya smartphone, punya hp android, kalau tidak di manfaatkan ya buat apa," tandasnya.

Ciklan menambahkan, pada era dulu memasarkan produk sangat susah. Pihaknya mengaku, butuh kerja keras untuk menawarkan suatu produk kepada konsumen.

Baca Juga: Kamaruddin Minta KPK Periksa LHKPN Para Oknum Jaksa Nakal Kejati Jateng

"Dulu kerja keras harus pakai brosur, harus ketemu orang, kalau sekarang kan tinggal manfaatkan aja plafom digital. Tinggal bikin foto, desain atau video menarik, promosikan lewat sosmed," terang ciklan

Halaman:

Editor: Moh Wahyu Hamijaya

Sumber: Tim Kabarku.net / Nor Rochman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X