Festival Mural Pekalongan Kota Kreatif Dunia Ramaikan Pekan Kreatif Nusantara 2022

- Kamis, 1 Desember 2022 | 22:06 WIB
Festival Mural Pekalongan Kota Kreatif  Dunia Ramaikan Pekan Kreatif  Nusantara 2022 (Kabarku.net/Nor Rochman)
Festival Mural Pekalongan Kota Kreatif Dunia Ramaikan Pekan Kreatif Nusantara 2022 (Kabarku.net/Nor Rochman)

PEKALONGAN, KABARKU. NET - Sebanyak 10 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng) mengikuti kegiatan Festival Mural Pekalongan Kota Kreatif Dunia 2022.  

Para peserta antara lain dari Pekalongan, Batang, dan Pemalang diberikan kesempatan untuk menciptakan hasil karya dengan mengunakan alat-alat sederhana untuk menggambar dan melukis.

“Kami sediakan media gambar dan mereka yang menyediakan cat dan alat-alatnya, seperti kuas, cat dan alat-alat lainnya. Mural ini kan bukan sekedar soal menggambar dan melukis biasa, namun gambar yang dihasilkan terdapat sebuah filosofi, makna, arti dan cerita,” kata ketua panita Festival Mural Pekalongan, Oni Ahmad, kepada Kabarku.net,  Kamis, 1 Desember 2022.

Baca Juga: Mudzakarah Perhajian Indonesia Rekomendasikan Pemerintah Untuk Kembalikan Kuota Normal Pada Haji 2023

Kegiatan Festival Mural digelar untuk meramaikan pelaksanaan Pekan Kreatif Nusantara 2022, yang terselenggara mulai 30 November sampai 4 Desember 2022.

"Dalam rangka memperingati sewindu Kota Pekalongan sebagai jejaring kota kreatif dunia, kami para seniman mural turut ikut serta mendukung dengan mengadakan Festival Mural," ujarnya.

Oni juga menjelaskan bahwa, Kota Pekalongan merupakan tempat kumpulnya para seniman, tak hanya mural juga  musik, membatik, tarian dan pelaku seni kreatif lainnya.

“Dijuluki sebagai kota kreatif oleh UNESCO delapan tahun lalu, Pekalongan memang banyak senimannya, selain dikenal sebagai Kota Batik juga juga banyak melahirkan seniman-seniman top tingkat nasional dan internasional. Khususnya ya para seni mural ini," jelasnya.

Hasil karya dari para peserta Festival Mural iakan di serahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, sebagai wujud apresiasi dari para seniman Mural untuk Kota Pekalongan.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X