• Senin, 5 Desember 2022

Ketua Komisi B DPRD Jateng, Sumanto Dorong BUMDes Kelola Komoditas Pangan

- Jumat, 30 September 2022 | 17:20 WIB
Ketua Komisi B DPRD Jateng, Sumanto Dorong BUMDes Kelola Komoditas Pangan (Kabarku.net/Istimewa)
Ketua Komisi B DPRD Jateng, Sumanto Dorong BUMDes Kelola Komoditas Pangan (Kabarku.net/Istimewa)

SOLO, KABARKU.NET - Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah (Jateng), Sumanto mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola komoditas pangan.

Pasalnya komoditas pangan memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan menjadi konsumsi semua orang. Langkah tersebut juga akan mendorong perekonomian di desa.

Menurut Sumanto, dari sekian banyak BUMDes yang ada di Jateng, yang berhasil dan maju adalah BUMDes yang mengelola potensi wisata.

Baca Juga: Pendaftar Calon Anggota Panwaslu Kecamatan di Jateng Mbludak Capai 12.049 Orang

Dia mencontohkan destinasi wisata Umbul Ponggok di Kabupaten Klaten yang dikelola BUMDes setempat dan sukses mendatangkan banyak wisatawan.

Sedangkan banyak BUMDes lainnya masih kurang optimal sehingga hanya sekedar memiliki papan nama tanpa aktivitas optimal.

"BUMDes ini muncul sejak lama, Undang-Undang mengatur, Perda mengatur usaha di tingkat desa. Ini harus dicetak. Di Jateng yang bisa maju yang punya potensi wisata, karena mereka mengelola itu sehingga hidup, yang lain belum," ujarnya, Jumat 30 September 2022.

Karenanya Sumanto mendorong BUMDes untuk mengelola lumbung pangan di desa-desa, karena Jateng merupakan provinsi penghasil beras utama di Indonesia. 

"Ini momentum untuk menjadikan BUMDEs kembali ke dulu namanya lumbung pangan. Sebab pangan ini komoditas yang semua mengkonsumsi. Sementara Jateng ini penghasil produk pertanian kalau tidak nomor satu ya nomor dua se Indonesia," ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yasin Koordinasikan Bantuan PMI Jateng ke Cianjur

Kamis, 24 November 2022 | 08:12 WIB

Jateng dan Swiss Mantapkan Kerja Sama

Rabu, 23 November 2022 | 06:58 WIB
X