• Senin, 5 Desember 2022

Dukung Budidaya Ikan Koi di Desa Tridonorejo Bonang, DKP Kabupaten Demak Bantu Exavator

- Rabu, 28 September 2022 | 10:00 WIB
Dukung Budidaya Ikan Koi di Desa Tridonorejo Bonang, DKP Kabupaten Demak Bantu Exavator (Kabarku.net/Istimewa)
Dukung Budidaya Ikan Koi di Desa Tridonorejo Bonang, DKP Kabupaten Demak Bantu Exavator (Kabarku.net/Istimewa)

DEMAK, KABARKU.NET - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Demak turut mendukung budidaya ikan koi di Desa Tridonorejo, Kecamatan Bonang.

Salah satu cara yang dilakukan DKP Kabupaten Demak adalah memberikan bantuan exavator untuk kelompok budidaya ikan koi di Desa Tridonorejo Bonang. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKP Kabupaten Demak, Nanang Tasunar mengatakan, fungsi persawahan di Desa Tridonorejo tersebut banyak beralih menjadi kolam ikan, utamanya untuk budidaya ikan koi.

Baca Juga: Konsumsi Ikan Masyarakat Kabupaten Demak Tertinggi Kedua di Jateng Setelah Pati

“Bantuan exavator bisa dimanfaatkan untuk perawatan kolam ikan di sana karena sawah tidak lagi efektif untuk pertanian,” katanya.

Bantuan exavator dari Dirjen Budidaya Perikanan tersebut diharapkan bisa membantu warga Desa Tridonorejo dalam membuat kolam ikan koi. Budidaya ikan koi saat berkembang pesat.

Exavator dinilai bisa mempercepat pembuatan kolam ikan koi. Adapun, langkah pembuatan sederhana adalah dengan cara mencangkul tanah, merapikan pinggiran kolam disertai mengukur kerataan tanah. Perataan tanah dilakukan sampai sempurna dengan menutup permukaan kolam.

Juga membuat pembatas tepi kolam dan mengisi kolam dengan air sekaligus merapikan sekitar kolam. Kolam ikan koi bisa dibuat di lahan yang relatif sempit atau di lahan yang luas.

Seperti diketahui, budidaya ikan koi di wilayah Kabupaten Demak mulai tumbuh seiring karena nilai jual yang lumayan tinggi membuat warga tertarik untuk budidaya ikan tersebut.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yasin Koordinasikan Bantuan PMI Jateng ke Cianjur

Kamis, 24 November 2022 | 08:12 WIB

Jateng dan Swiss Mantapkan Kerja Sama

Rabu, 23 November 2022 | 06:58 WIB
X