• Senin, 5 Desember 2022

DKP Kabupaten Demak Dorong Pengembangan Perikanan Laut dan Daratan Sekaligus

- Rabu, 28 September 2022 | 09:45 WIB
DKP Kabupaten Demak Dorong Pengembangan Perikanan Laut dan Daratan Sekaligus (Kabarku.net/Istimewa)
DKP Kabupaten Demak Dorong Pengembangan Perikanan Laut dan Daratan Sekaligus (Kabarku.net/Istimewa)

DEMAK, KABARKU.NET - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Demak mendorong pengembangan perikanan laut dan daratan.

Termasuk yang ada di saluran air, waduk maupun embung yang kini banyak dibuat diberbagai wilayah dataran tinggi maupun dataran rendah di desa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKP Kabupaten Demak, Nanang Tasunar mengatakan, pengembangan budidaya ikan baik di laut maupun air tawar sama-sama memiliki keuntungan sehingga perlu dikembangkan.

Baca Juga: Kapolda Jateng Ajak Komponen Masyarakat Diskusi Bahas Dampak Kenaikan Harga BBM

"Dengan dukungan dari Dirjen Budidaya Perikanan, maka kita melihat lebih luas tidak hanya pengembangan di pesisir saja tapi juga yang ada di waduk, embung dan saluran air lainnya. Tujuannya sama yakni untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Nanang namanya nelayan tidak hanya yang melaut di lautan saja, tapi juga di daratan dengan pengembangan perikanan daratan.

Seperti diketahui erikanan dibagi menjadi dua yakni perikatan laut dan perikanan darat. Perikanan darat dilakukan di tepi pantai yang datar dalam wujud pertambakan dengan jenis ikan dibudidayakan adalah udang dan bandeng.

Perikanan laut merupakan usaha menangkap ikan di laut. Usaha itu dilakukan diperairan pantai atau di tengah laut. Para nelayan melakukan tangkap ikan di laut dengan menggunakan cara tradisional dan modern.

Sedangkan, perikanan darat dibedakan menjadi dua jenis yakni perikanan air tawar dan payau. Perikanan cairan payau dilakukan ditepi pantai dalam struktur tambak dengan jenis budidaya berupa udang dan ikan bandeng.

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gus Yasin Koordinasikan Bantuan PMI Jateng ke Cianjur

Kamis, 24 November 2022 | 08:12 WIB

Jateng dan Swiss Mantapkan Kerja Sama

Rabu, 23 November 2022 | 06:58 WIB
X