• Senin, 3 Oktober 2022

Infrastruktur Kelautan di Jateng Terus Dikembangkan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:09 WIB
Pushidrosal Laksamana Madya TNI AL Nurhidayat, saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Humas Prov. Jateng
Pushidrosal Laksamana Madya TNI AL Nurhidayat, saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Humas Prov. Jateng

SEMARANG, KABARKU.NET – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) siap membantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengembangkan infrastruktur kelautan. Dukungan dimulai dengan melakukan survei di sejumlah titik pantai utara (Pantura) di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI AL Nurhidayat, saat bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di kantor Gubernur, Rabu (3/8/2022).  Nurhidayat mengatakan, survei itu dilakukan Pushidrosal di seluruh perairan Indonesia.

“Di Jawa Tengah kami sudah menyusuri pantura, Tegal, Batang, Kendal, nanti sampai ke Semarang sedikit,” katanya.

Nurhidayat mengatakan, di Batang survei dilakukan oleh jajarannya selama kurang lebih 50 hari. Hasilnya cukup memprihatinkan karena dari survei terakhir yang dilakukan oleh Belanda tahun 1800-an, terjadi pendangkalan.

Baca Juga: Suspek Cacar Monyet Muncul di Jateng, Ganjar Minta Pintu Masuk Indonesia Diperketat

“Kalau di perairan Maluku itu kita temukan gunung setinggi Semeru di bawah laut, di sini tidak ada yang berbahaya. Tapi memang pendangkalannya sangat tinggi,” ujarnya.

Nurhidayat menjelaskan, selain untuk melaporkan hasil survei di perairan Batang, juga sekaligus mengajukan diri membantu Pemprov Jateng dalam upaya pengembangan di sektor kelautan.

“Kami tidak diundang itu meminta waktunya untuk bertemu di sini, apalagi kalau diundang sangat senang. Kami ingin membantu karena kami punya data,” katanya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi Pushidrosal atas kegiatan survei yang dilakukan di perairan Jawa Tengah. Ganjar sempat terkejut saat mendengar survei yang ada sangat out of date. Ganjar berpendapat jika data yang ada di-overlay dengan data existing.

Halaman:

Editor: S. Khajarwati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Atasi Kelangkaan Solar, Ganjar Turunkan Tim

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:06 WIB

DKP Beri Bantuan Excavator untuk Kelompok Subur Makmur

Selasa, 27 September 2022 | 18:40 WIB
X