• Kamis, 27 Januari 2022

Antisipasi Bencana, Ganjar Bersama Warga Tanam 3 Ribu Bibit Pohon di Cilacap

- Kamis, 18 November 2021 | 12:06 WIB
Antisipasi Bencana, Ganjar Bersama Warga Tanam 3 Ribu Bibit Pohon di Cilacap (Poto: Humas Pemprov Jateng)
Antisipasi Bencana, Ganjar Bersama Warga Tanam 3 Ribu Bibit Pohon di Cilacap (Poto: Humas Pemprov Jateng)

KABARKU.NET-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama warga Desa Pesanggrahan, Kabupaten Cilacap melakukan aksi menanam 3.000 bibit pohon sebagai upaya pencegahan bencana.

Menurut Ganjar Pranowo, memasuki musim hujan ini, upaya penanaman pohon oleh warga perlu dilakukan terutama di wilayah rawan bencana.

“Ini kan musim hujan, waktu yang paling bagus untuk menanam. Kayak area ini, meskipun area warga tapi kita lihat kemiringannya saja udah tinggi yuk kita tanam,” ujar Ganjar Pranowo di Desa Pesanggrahan, Kabupaten Cilacap, Kamis 18 November 2021.

Baca Juga: Intensitas Hujan Tinggi, Ganjar Kembali Cek Dua Rumah Pompa di Kota Semarang

Berbagai bibit pohon bernilai ekonomi ditanam di lahan milik warga, diantaranya bibit tanaman aren, gayam, durian hingga beringin. Tanaman tersebut dinilai memiliki sejumlah manfaat selain pencegahan bencana.

“Maka mulai tanaman-tanaman langka itu kita tanam sehingga masyarakat bisa tahu dan pasti manfaatnya banyak. Tadi juga ada tanaman aren, itu juga bisa ngerap air. Pohon beringin, itu juga menyerap air,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo kembali mengimbau pada masyarakat agar selalu siaga bencana. Apalagi, warga yang tinggal di area dengan kontur kemiringan tinggi dan dekat aliran air.

Baca Juga: Mahfud MD Buka Festival HAM 2021 di Semarang, Ganjar Ajak Saling Belajar Agar Lebih Baik

“Saya minta diedukasi nggih pak lurah, agar di tengah suasana bencana semua siaga. Daerah-daerah berbahaya kemiringan yang berbahaya kalau hujan deras siapkan tempat pengungsian,” paparnya.

Halaman:

Editor: Joko Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X