• Minggu, 28 November 2021

Mulai Selasa 26 Oktober Pembelian Tiket Kereta Api Wajib Gunakan NIK

- Senin, 25 Oktober 2021 | 06:24 WIB
Jadwal perjalanan kereta api (Humas Daop 4 Semarang)
Jadwal perjalanan kereta api (Humas Daop 4 Semarang)

SEMARANG, KABARKU.NET. Para calon pelanggan yang akan membeli tiket kereta api (KA) jarak jauh untuk keberangkatan mulai Selasa, 26 Oktober 2021 wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

''Pembelian tiket kereta api dengan NIK, ini baik bagi penumpang dewasa maupun anak-anak. Sedangkan bagi Warga Negara Asing (WNA) wajib menggunakan nomor identitas yang ada pada paspor,'' kata Executive Vice President Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo.

Ketentuan tersebut bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya penggunaan NIK pada semua sektor layanan publik sesuai dengan Perpres Nomor 83 Tahun 2021 tentang Pencantuman dan Pemanfaatan NIK dan atau Nomor Pokok Wajib Pajak Dalam Pelayanan Publik.

Baca Juga: Peringati Hari Santri Nasional 2021, Ansor Sayung Demak Bertawassul ke Makam Auliya

Aturan penggunaan NIK dan paspor ini juga berguna untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 calon pelanggan.

Pasalnya, KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI. Dengan demikian, data vaksinasi akan otomatis dapat diverifikasi pada proses boarding.

Bagi pelanggan yang sudah terdaftar pada program Membership KAI Access serta pelanggan yang memiliki hak tarif reduksi namun data nomor identitas masih belum menggunakan NIK, maka pelanggan tersebut diminta untuk segera melakukan update data akunnya.

Update data dapat dilakukan melalui Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121 mulai 15 Oktober 2021. Adapun mulai 26 Oktober 2021, proses update data juga dapat dilakukan di Loket Stasiun atau aplikasi KAI Access.

Baca Juga: Ada Toko Pedia, Ikatan Cinta Tayang Lebih Malam, Ini Jadwal Acara TV di RCTI Senin 25 Oktober

Halaman:

Editor: S. Khajarwati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP Jateng 2022 Ditetapkan, Naik 0,78 Persen

Minggu, 21 November 2021 | 08:02 WIB
X