• Minggu, 28 November 2021

Kendalikan Hama Tikus, Klaten Kembangkan Habitat Burung Hantu

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:50 WIB
Penandatanganan kerjasama antara Pemkab Klaten dengan Instiper Yogyakarta, terkait pengembangan habitat burung hantu (Poto jatengprov.go.id)
Penandatanganan kerjasama antara Pemkab Klaten dengan Instiper Yogyakarta, terkait pengembangan habitat burung hantu (Poto jatengprov.go.id)

KABARKU.NET-Pemerintah Kabupaten Klaten mengembangkan habitat asli Burung Hantu (Tyto Javanica) di sepanjang daerah sliran sungai (DAS) Sungai Pusur Kecamatan Polanharjo guna mengendalikan hama tikus di area sawah petani.

Pengembangan Burung Hantu tersebut, sebagai upaya untuk mendukung produktivitas pertanian di wilayah Kabupaten Klaten.

Guna mewujudkan hal itu, Pemerintah Kabupaten Klaten bekerjasama dengan PT Tirta Investama dan Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta berkomitmen untuk mengembangkan habitat Burung Hantu.

Baca Juga: 30 UMKM di Sekitar Proyek Tol Semarang-Demak Dilatih Buat Produk Perikanan Berkualitas dan Pemasaran Online  

Prasanto Bimantyo, peneliti Instiper Yogyakarta menyatakan pihaknya sudah melakukan penelitian habitat Burung Hantu di tiga kecamatan meliputi Polanharjo, Tulung, dan Juwiring yang terdiri dari 12 desa yang terbagi menjadi enam bioplot.

“DAS Sungai Pusur hingga saat ini ada habitat burung hantu. Mahasiswa kami pun sudah melakukan penelitian bahwa di setiap bioplot itu paling tidak 10 pohon besar yang memang berpotensi untuk menjadi habitat Burung Hantu,” ujarnya seperti dilansir dari jatengprov.go.id Kamis 21 Oktober 2021.  

Menurutnya, jika dilihat dari peta satelit, hanya di area Sungai Pusur memiliki pohon rimbun.

Baca Juga: Balai Bahasa Jateng Terbitkan Kamus Budaya Jawa Digital

Untuk itu,  daerah sepanjang Sungai Pusur harus dijaga sebagai habitat alami burung hantu.

Halaman:

Editor: Joko Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP Jateng 2022 Ditetapkan, Naik 0,78 Persen

Minggu, 21 November 2021 | 08:02 WIB
X