• Minggu, 28 November 2021

Polda Jateng Bongkar Jaringan Pinjol Ilegal, Satu Orang Ditetapkan Tersangka

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:40 WIB
Polda Jateng Bongkar Jaringan Pinjol Ilegal, Satu Orang Ditetapkan Tersangka (Poto Kabarku/joko sulistyo)
Polda Jateng Bongkar Jaringan Pinjol Ilegal, Satu Orang Ditetapkan Tersangka (Poto Kabarku/joko sulistyo)

Kabarku.Net-Polda Jateng berhasil membongkar jaringan pinjaman online (pinjol) ilegal.

Petugas menggrebek kantor pinjol ilegal di Yogjakarta dan menetapkan seorang debt collector inisial AKA (26) sebagai tersangka.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan pengungkapan kasus pinjol ilegal ini bermula ketika korban berinisal E melaporkan kepada Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jateng.

Menurutnya, pinjol ilegal tersebut melakukan modus operandi dengan menawarkan pinjaman kepada korban dengan syarat mengisi identitas diri seperti kartu tanda penduduk (KTP), nomor rekening dan foto selfie.

Baca Juga: Undang-undang HPP Disahkan, Jateng Perkuat Literasi Keuangan UMKM

“Selesai mengisi data, kemudian korban langsung mendapatkan pesan bahwa uang yang dipinjam itu sudah masuk ke rekening korban. Namun, saat korban cek ke rekeningnya, tak ada transaksi uang masuk yang dimaksudkan pinjol itu,” ujar kapolda di Mapolda Jateng, Selasa 19 Oktober 2021.

Karena pinjol menilai sudah ada uang yang masuk. Kemudian jasa peminjaman uang ilegal tersebut terus menagih korban meskipun korban merasa tak ada uang yang masuk.

“Akhirnya pinjol tersebut menggunakan jasa debt collector untuk menagihnya. Karena kesal tak kunjung dibayar, kemudian debt collector mengirimkan  pesan teror dengan ancaman disertai kirim  konten pornografi dengan objek korban yang dimaksudkan agar korban ketakutan dan segera membayar,” paparnya.

Kapolda menambahkan, petugas melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap AKA yang merupakan pelaku pengiriman pesan teror atau debt collector.

Halaman:

Editor: Joko Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP Jateng 2022 Ditetapkan, Naik 0,78 Persen

Minggu, 21 November 2021 | 08:02 WIB
X