• Kamis, 28 Oktober 2021

Kreatif, Warga Grobogan, Yusnan Ubah Limbah Rumah Tangga Jadi Karya Seni Wayang

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:04 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kiri) melihat wayang dari limbah rumah tangga karya warga Grobogan,  Yusna. ((Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng).)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kiri) melihat wayang dari limbah rumah tangga karya warga Grobogan, Yusna. ((Kabarku.net/dok. Humas Pemprov Jateng).)

GROBOGAN. KABARKU.NET - Limbah barang bekas rumah tangga, seperti botol plastik, plastik bungkus makanan, dan kain perca ternyata bisa jadi karya seni menarik.

Barang bekas rumah tangga itu, ditangan Yusnan Igun, 31 warta Jalan Banyuono II Purwodadi Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) menjadi karya seni wayang yang diberi nama Wabah atau wayang limbah.

Menurut Yusnan, membuat Wabah pada saat wabah Covid-19 mengisi waktu luang di rumah dengan memanfaatkan barang-barang limba yang ada.

Baca Juga: Trans Jateng Penggaron - Godong Resmi Beroperasi, Daerah Diminta Siapkan Angkutan Terusan

“Saya suka wayang Pak, tapi kalau beli kan mahal. Jadi saya buat sendiri. Awalnya saya buat dari bambu. Kemudian tertarik membuat dari limbah. Ternyata jadi dan saya teruskan,” katanya kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang berkunjung ke rumahnya, Rabu (13/10).

Pria asli Tegal ini mengatakan memang senang dengan dunia wayang, serta mengidolakan, dalang kondang asal Tegal Ki Enthus yang telah meninggal dunia.

Membuat Wabah selain untuk kesenian, sambung Yusnan juga ingin berpartisipasi dalam rangka kampanye lingkungan.

Dengan pemanfaatan limbah plastik, maka bisa mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan  limbah terbesar rumah tangga itu,” tandasnya.

Baca Juga: Gabsi Jateng Desak Disporapar Agar Brigde Dipertandingkan di Popda Provinsi dan Kabupaten/Kota

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X