• Kamis, 28 Oktober 2021

Ganjar Apresiasi BUMdes Di Grobogan Permudah Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ngutang dan Nyicil

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:38 WIB
Ganjar Apresiasi BUMdes Di Grobogan Permudah Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ngutang dan Nyicil (Dok Humas Pemprov Jateng)
Ganjar Apresiasi BUMdes Di Grobogan Permudah Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ngutang dan Nyicil (Dok Humas Pemprov Jateng)

KABARKU.NET-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo apresiasi terobosan BUMDes Cindelaras, Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan melalui program sistem pembayaran pajak kendaraan bisa ngutang dan dicicil.

Bahkan, menurut Ganjar Pranowo, bagi warga yang belum mencukupi dana, tidak perlu bayar lunas pajak kendaraannya. Karena, BUMDes Cindelaras memberikan dana talangan guna bayar pajak.

"Ini ada yang menarik. ada BUMDes yang kreatif. Dia melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor masyarakatnya dengan cara menalangi dulu. Kalau ada warga yang belum punya uang dan sudah jatuh tempo. Bisa dicicil selama tiga bulan," kata Ganjar saat kunjungan kerja BUMdes Cindelaras, Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi di Grobogan Rendah, Pemprov Jateng Siap Bantu Percepatan

Ganjar menambahkan selain membantu masyarakat mendekatkan pelayanan pembayaran pajak, sistem dana talangan juga kreatif. Hal ini membuat masyarakat tertib bayar pajak karena ada kemudahan.

"Ini membantu penarikan pajak juga, negara terbantu. Tinggal kita dorong nanti lebih canggih lagi karena ini ada yang masih manual. Dan yang seperti ini di Grobogan sudah ada di 8 kecamatan berbeda," ujarnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Cindelaras, Yanto mengatakan, program pembayaran pajak kendaraan bermotor di desanya itu sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Program itu sangat diminati masyarakat karena program dana talangan.

Baca Juga: Petugas Sita Ribuan Batang Rokok Ilegal di Kabupaten Demak

"Jadi masyarakat yang belum punya uang untuk melunasi pajak, kita bantu. Umpama habisnya Rp400 ribu, baru punya Rp200 ribu, nanti kekurangannya ditalangi BUMDes," terangnya.

Halaman:

Editor: Joko Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X