• Sabtu, 25 Juni 2022

Arnaz Meminta Perbankan Berpihak Pada UMKM Agar Naik Kelas

- Rabu, 27 April 2022 | 23:45 WIB
Arnaz Meminta Perbankan Berpihak Pada UMKM Agar Naik Kelas. (Kabarku.net/Nor Rochman)
Arnaz Meminta Perbankan Berpihak Pada UMKM Agar Naik Kelas. (Kabarku.net/Nor Rochman)

SEMARANG, KABARKU.NET - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu dukungan dari perbankan dalam akses permodalan agar bisa cepat naik kelas.

Hal ini disampaikan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara usai melaksanakan shalat tasbih bersama Bank Syariah Indonesia (BSI), di Majid Agung Kauman, Kota Semarang, Selasa 26 April 2022 malam.

Menurut Arnaz selama ini belum banyak perbankan yang memahami kesulitan para pengusaha kecil, meski mereka memiliki potensi besar untuk maju dan berkembang.

Baca Juga: Jateng Dapat Jatah Kuota Haji 2022 Sebanyak 13.868 Jemaah Terbanyak Ketiga Se-Indonesia, Ini Sebarannya

“Misal dari 10 syarat yang diajukan perbankan untuk pembiayaan, ada saja syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh teman-teman UMKM,” katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut Arnaz Agung Andrarasmara menyatakan, bahwa hal ini mungkin terjadi karena banyak pengusaha UMKM yang masih lemah dalam sektor manajerial sehingga mereka belum bankable atau manajemen yang konvensional.

Pembukuan yang masih manual, serta kemungkinan ganti sektor dagang, menjadi kendala lain yang tidak dipahami oleh perbankan.

Padahal, UMKM bisa menjadi salah satu penopang ekonomi bangsa yang terbukti mampu bertahan baik saat krisis moneter 1998 serta dalam pendemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Orang Dapat Berkah Laitul Qadar

Halaman:

Editor: Moh Fahmi Ins

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X