• Sabtu, 25 Juni 2022

Stok Pangan di Jawa Tengah Aman hingga Lebaran

- Rabu, 6 April 2022 | 11:47 WIB
Stok Pangan di Jawa Tengah Aman hingga Lebaran  (Foto: jatengprov.go.id)
Stok Pangan di Jawa Tengah Aman hingga Lebaran (Foto: jatengprov.go.id)

KABARKU.NET-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan stok pangan seperti beras, jagung, bawang merah, kedelai, telur ayam dan komoditas lainnya aman hingga  Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah, Dyah Lukisari  mengatakan, sejumlah komoditas strategis dipastikan berkecukupan.

Bahkan menurutnya, komoditas beras di Jawa Tengah diperkirakan surplus hingga 1,2 juta ton, pada April ini. Selain itu, komoditas jagung surplus 2,9 juta ton, dan kedelai surplus 651 ribu ton.

Sementara itu, bawang merah surplus 66 ribu ton, cabai surplus 43 ribu ton, telur ayam surplus 21 ribu ton, dan gula pasir surplus 38 ribu ton.

Baca Juga: Sidak Pasar Bulu, Ganjar Pranowo Temukan Harga Minyak Goreng Curah Capai Rp 22 Ribu

“Surplus komoditas tersebut diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan penduduk Jawa Tengah hingga Hari Raya Idul Fitri nanti,” ujarnya dikutip dari jatengprov.go.id Rabu 6 April 2022.

Meski demikan, Dyah menyebut ada beberapa komoditas yang menjadi perhatian diantaranya bawang putih, daging sapi, dan daging ayam.

Ketiga komoditas tersebut pada April diperkirakan akan defisit stok. Namun, Dyah menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

“Ketiga komoditas yang posisinya defisit, akan dipenuhi dari daerah lain di Indonesia.  Khusus bawang putih karena produksi dalam negeri tidak mencukupi, ketersediaanya akan dipenuhi dari produk impor yang merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional,” paparnya.

Halaman:

Editor: Joko Sulistyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X